Cara Budidaya Ikan Lele Paling Mudah

Ikan Lele - Cara Budidaya Ikan Lele Paling Mudah - Sebagai pecinta ternak tentunya sangat disayangkan jika melewatkan Budidaya Ikan Lele yang terbilang sangat mudah untuk dikembang biakan dan tidak perlu mengeluarkan banyak modal . Usaha paling mudah ini sangat dicari banyak orang yang mana menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

Sebelum mengetahui Cara Budidaya Ikan Lele alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu antara lele yang berkualitas dan biasa . Lele yang baik untuk diternak memiliki postur kepala lebih kecil dibandingkan postur tubuhnya. Biasanya Ikan Lele yang memiliki kepala lebih kecil dibanding tubuhnya mampu mengalami perkembangan tubuh yang lebih cepat dibandingkan yang berkepala besar.

Budidaya Ikan Lele

Alat dan Bahan yang diperlukan dalam Budidaya Ikan Lele tidaklah susah, tentunya sangat mudah untuk didapatkan dan mudah sekali untuk dipraktekan. Berikut selengkapnya ;

  • Terpal ( Usahakan lebih tebal demi keawetan )
  • Kayu / Bambu dan Papan
  • Bibit Lele Berukuran 2 hingga 3 cm
  • Daun Pepaya
Langkah pertama dalam membudidayakan Ikan Lele bisa dimulai dengan pembuatan Kolam dengan Kayu atau potongan bambu sebagai kerangka luar. Sebelumnya, lubangi terlebih dahulu hingga kedalaman kurang lebih 50 Cm. Usahakan Kerangka ( potongan kayu / bambu ) lebih kokoh dalam menancapkannya dengan tanah. Setelah anda rasa sudah dalam, pasangkan papan pada sekeliling kerangka sebagai penahan terpal agar lebih awet dan kuat. 
Budidaya Ikan Lele

Setelah kerangka jadi, pasangkan Terpal kedalam kerangka dengan mengikatnya menggunakan Bendrat Atau Kawat pada setiap lubang terpal ke Bambu atau Kayu kerangkanya. Setelah Kolam dirasa sudah siap, isikan air hingga maksimal 40 Cm dari permukaan terpal. Setelah dirasa kolam sudah siap, isikan kolam dengan menggunakan Daun pepaya yang telah ditumbuk / di potong-potong .

Selang 1 minggu, kolam sudah siap untuk diisikan Bibit Ikan Lele yang berukuran 2 atau 3 Cm dengan jumlah yang diinginkan. selama bibit ikan lele masih kecil tidak perlu diberi makan karena daun pepaya tersebut sudah berlumut dan bisa dijadikan salah satu makanan untuk bibit lele tersebut. dan Setelah berumur sudah bisa diberi makan secara rutin.

Demikian sedikit yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat bagi anda dan semoga sukses dalam usaha Ternak Ikan Lele. Terimakasih telah menyimak selengkapnya.

Cara Budidaya Ikan Lele Paling Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar