Kandungan Gizi dan Manfaat Udang untuk Kesehatan

Kandungan Gizi pada Udang sangat bermanfaat sekali untuk mencukupi asupan gizi pada tubuh kita. Udang adalah salah satu bahan makanan hewani yang bisa di komsumsi dengan cara apa bermacam-macam cara memasaknya asal enak ya.. hehe. Udang segar menurut tetangga saya mengandung energi sebesar 91 kilokalori, proten 21 gram, Karbohidrat 0,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 136 miligram, fosfor 170 miligram, dan zat besi 8 miligram.  Selain itu di dalam Udang Segar juga terkandung vitamin A sebanyak 60 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 0 miligram. Oh ya ada kabar gembira juga bahwasanya udang di Negara kita tercinta ini sangat mudah sekali ditemukan dan karena saking banyaknya sampe sampe di ekspor ke negara-negara tetangga.

Manfaat Udang untuk Kesehatan


Beberapa manfaat yang terkandung dalam udang untuk kesehatan setelah anda mengkonsumsi udang antara lain,

- Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung) karena kandungan asam lemak esensialnya akan menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris.
- Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh. Baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menambah massa otot.
- Sangat cocok untuk menu diet karena tinggi protein dan rendah kalori.
- Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya.
- Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh, anti radikal bebas penyebab 50 macam penyakit degeneratif dan membantu produksi antibodi dengan kandungan selenium yang sangat tinggi.
- Membantu bekerjanya lebih dari 70 macam enzim, hormon, dan proses biosintesa dalam tubuh dengan kandungan zinc-nya
- Membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak dengan kandungan vitamin D, B12 dan Omega 3
- Mencegah penyakit darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan zinc-nya yang tinggi.
- Menjaga kesehatan mata dengan kandungan vitamin A.
- Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra (kulit burik dan bersisik) dengan kandungan vitamin E (alpha tocopherol) dan niasin yang tinggi.
- Menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi dengan kandungan vitamin D, kalsium dan potassium yang tinggi.
Untuk Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Udang Segar yang di kutip dari  blog organisasi.org antara lain :

Nama Bahan Makanan : Udang Segar
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Udang Segar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Udang Segar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 68 %
Jumlah Kandungan Energi Udang Segar = 91 kkal
Jumlah Kandungan Protein Udang Segar = 21 gr
Jumlah Kandungan Lemak Udang Segar = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Udang Segar = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Udang Segar = 136 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Udang Segar = 170 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Udang Segar = 8 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Udang Segar = 60 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Udang Segar = 0,01 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Udang Segar = 0 mg
Khasiat / Manfaat Udang Segar : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : U
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan
Riset/penelitian pada Udang Segar yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Udang Segar ini.  Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Udang Segar ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Kandungan Nutrisi Pada Udang

Sumber Vitamin
Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.
Sumber MineralUdang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), zat besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia.
Sumber ProteinKandungan protein udang dikategorikan sebagai “complete protein” karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap, dan sekitar 85-95 persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.
Asam Amino
Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.
Rendah KaloriKalori udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang cukup baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.

Demikianlah beberapa informasi tentang kandungan gizi dan manfaat udang untuk kesehatan tubuh kita.. semoga bermanfaat ya..  oh iya buka juga


Kandungan Gizi dan Manfaat Udang untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar