9 Tanaman Aquascape Terbaik Untuk Pemula



Jika Anda sedang mencari cara untuk menghias akuarium pertama Anda, menggunakan tumbuhan alami (bukan buatan) dapat menjadi pilihan terbaik Anda. Ikan Anda akan berterima kasih karena mereka berenang bebas di tengah-tengah surga akuarium mereka yang indah. Silahkan simak penjelasan dibawah ini:


Tanaman akuarium air tawar dapat digunakan dalam berbagai cara:
• Sebagai karpet akuarium yang alami
• Tempat persembunyian untuk ikan
• Menyembunyikan perlengkapan akuarium
• Penyeimbang lingkungan akuarium
Sebagai bahan pertimbanagn saat membuat akuarium untuk pertama kalinya, pilihlah tanaman yang kuat dan rendah pemeliharaan. Tanaman akuarium air tawar terbaik adalah yang berwarna hijau. Tanaman hijau umumnya tidak memerlukan banyak sinar matahari langsung. Terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan pertumbuhan alga berlebih yang akan berdampak negatif terhadap lingkungan akuarium. Hal ini dapat mengakibatkan menyita waktu Anda lebih banyak untuk pemeliharaan dan pembersihan akuarium.
Inilah 9 Tanaman Aquascape Terbaik Untuk Pemula.



Tanaman untuk karpet & foreground.



Tanaman karpet ukurannya lebih kecil dan cenderung tumbuh menyebar daripada tumbuh tinggi. Mereka akan membentuk hamparan karpet hijau yang menarik di dasar akuarium Anda. 1. Hygrophila Difformis (Water Wisteria)






Water Wisteria tumbug dengan cepat. Cepat menambahkan kedalaman dan keindahan akuarium air tawar Anda. Perlu perawatan minimal, yang membuatnya menjadi tanaman bebas rewel/masalah, rekomendasi untuk dimiliki.
• Suhu air : 23 ° C – 28 ° C.
• Lighting : Pencahayaan Menengah.
• Fungsi : Tanaman Karpet di depan, melapisi lantai akuarium. 2. Java Moss





Java Moss cukup populer untuk akuarium air tawar (aquascape). Moss ini minim pemeliharaan dan cenderung tumbuh di kayu apung (drift wood) dan batu.
• Suhu air : Toleransi 21 ° C – 32 ° C, namun tumbuh yang terbaik di 21°C – 24°C.
• Lighting : Semua jenis pencahayaan.
• Fungsi : sebagai penutup bagian bawah; perlindungan bayi ikan; sumber makanan sekunder untuk bayi ikan. 3. Lilaeopsis




Lilaeopsis menyerupai rumput dan tumbuh hingga 5cm. Menyebar cepat, seringnya sepanjang seluruh lantai akuarium. Tanaman ini mungkin perlu dipangkas secara berkala jika mulai menyerang tanaman lainnya.
• Suhu air : 23 ° C – 29 ° C
• Lighting : Lampu Menengah
• Fungsi : Menutupi lantai akuarium; tempat persembunyian untuk bayi ikan.
Tanaman untuk middleground dan background :
Tanaman background menyembunyikan perlengkapan aquascape dan menyediakan tempat persembunyian untuk ikan air tawar Anda. Berikut ini adalah beberapa tanaman yang terbaik untuk tujuan tersebut: 4. Amazon Sword




Tanaman Amazon Sword memiliki daun yang menyerupai pedang. Tanaman ini dapat tumbuh sampai 50cm dan sangat ideal untuk background akuarium. Seringkali mereka ditanam dalam kelompok di belakang akuarium.
• Suhu air : 22 ° C – 28 ° C
• Lighting : Pencahayaan Moderat.
• Fungsi : sebagai dekorasi background; tempat persembunyian untuk ikan. 5. African Water Fern (Bolbitis)




Afrika Fern adalah tanaman serbaguna, bagus untuk background atau foreground. Tanaman ini sering digunakan di background dan membutuhkan perawatan yang minim, tumbuh dalam kondisi lembab.
• Suhu air : 20 ° C – 27 ° C
• Lighting : Pencahayaan rendah, teduh.
• Fungsi : sebagai cover menutupi tanaman dibawahnya; dekorasi di bagian belakang; tempat persembunyian untuk ikan. 6. Java Fern






Java Fern sangat populer karena perawatan yang minim dan sangat indah. Tanaman ini dapat digunakan di hampir semua area akuarium.
• Suhu air : 20 ° C – 28 ° C.
• Lighting : cahaya rendah ke menengah.
• Fungsi : untuk dekorasi background; tempat persembunyian untuk ikan. 7. Green Tiger Lotus


Green Tiger Lotus adalah tanaman berdaun lebar yang hanya perlu sedikit perawatan. Kondisi lingkungan rata-rata membantu tanaman ini berkembang.
• Suhu air : 22 ° C – 28 ° C.
• Lighting : Moderat.
• Fungsi : Tempat persembunyian yang bagus untuk ikan; dekorasi background. 8. Anubias Nana





Tanaman ini dapat tumbuh sampai 15cm dan memiliki daun gelap. Perlu perawatan yang sangat sedikit, dan sangat ideal untuk pemula.
• Suhu air : 22 ° C – 28 ° C.
• Lighting : Pencahayaan Moderat.
• Fungsi : Penambah keindahan yang dapat ditaruh diseluruh bagian akuarium. 9. Cryptocoryne Becketti




Sama seperti tanaman lain, Cryptocoryne sangat mudah untuk dirawat dan merupakan tambahan yang indah untuk akuarium Anda.
• Suhu air : 20 ° C – 30 ° C.
• Lighting : sangat rendah – tinggi.
• Fungsi : Sebagai dekorasi; tempat persembunyian untuk ikan.
Tanaman Background
1. Egeria Densa


Istilah Lokal : Egeria Densa, Saya coba sertakan istilah lokalnya untuk memudahkan Anda jika ingin menanyakan atau membeli tanaman ini di dalam negeri.
Informasi Dasar : Egeria densa merupakan tanaman akuarium yang awet muda dan tetap populer di kalangan scaper. Egeria densa awalnya ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah, dan sejak tahun 1915 ketersediaan tanaman ini bisa ditemukan dimana saja. Egeria densa lebih sering digunakan untuk mengoksidasi air dan menyerap kelebihan nutrisi daripada sebagai tanaman Aquascape. Aquascape pertama saya pun salah satunya memakai egeria densa karena harganya yang murah dan mudah didapatkan dimana saja serta pertumbuhannya yang cukup cepat.





2. Echinodorus


Istilah Lokal : Echinodorus
Informasi Dasar : Adalah genus tanaman dari keluarga Alismataceae dan pada awalnya didistribusikan di belahan bumi barat dari pusat Amerika Serikat ke Argentina. Nama ilmiahnya berasal dari bahasa yunani Kuno, “echius” yang berarti kulit kasar, dan “Doros” yang berarti botol yang terbuat dari kulit. Spesies tanaman ini memiliki banyak jenis dan saya juga menggunakan tanaman ini karena harganya yang murah dan mudah didapat.







3. Ludwiga Inclinata


Istilah Lokal : Ludwiga Inclinata
Informasi Dasar : Ludwigia Inclinata berbeda dengan tanaman pada umumnya, tanaman ini berwarna merah/oranye yang berasal dari Amerika Selatan. Ludwigia Inclinata tidak jauh berbeda dari spesies Ludwigia lain, namun ciri-ciri tertentu terletak pada daun merah/oranye. Sementara sebagian besar tanaman batang berwarna di satu sisi, daun pada Ludwigia Inclinata ini benar-benar merah dan oranye. Jika Anda berminat memelihara tanaman ini harus benar-benar diperhatikan kebutuhan cahayanya karena tidak jarang tanaman berdaun merah akan berubah menjadi hijau jika aspek pencahayaannya tidak tercukupi meliputi spektrum warna dll.



4. Pogostemon Stellatus



Istilah Lokal : Pogostemon Stellaus
Informasi Dasar : Stellatus Pogostemon (sebelumnya disebut Eusteralis stellata) adalah tanaman akuarium menakjubkan dikenal karena warna daunnya yang pink dan kemerahan. Tanaman ini berasal dari perairan Austrialia dan Asia, khususnya di Jepang, Taiwan, dan China. Tanaman air ini adalah jenis tanaman yang populer untuk aquascapes bergaya Belanda/Dutch Style di mana tanaman berwarna-warni yang diutamakan. Bagi penggemar tanaman air, jenis ini merupakan jenis tanaman menantang karena tingkat kesulitan yang tinggi serta kebutuhan cahaya dan CO2 yang tinggi pula. Pogostemon stellatus juga dapat disebut sebagai Eusteralis stellata, nama sebelumnya adalah Hygro Austria.



5. Cabomba Caroliniana


Istilah Lokal : Cabomba Hijau
Informasi Dasar : Pada dasarnya semua jenis cabomba termasuk tanaman background namun yang akan kita bahas kali ini adalah cabomba hijau yang merupakan jenis cabomba yang sering digunakan termasuk saya. Cabomba Hijau (Green Cabomba) nama latinnya Cabomba carolininia, yang merupakan tanaman air asli Amerika Utara. Tanaman ini memiliki nama umum Cabomba Hijau/ Green Cabomba/ Cabomba carolininia atau fanwort yang merupakan tanaman akuarium.


Tanaman Midground
1. Anubias barteri var.nana


Istilah Lokal : Anubias nana
Informasi Dasar : Anubias barteri var. nana merupakan tanaman asli daerah tropis di Afrika tengah dan barat. Pertumbuhan tanaman ini lambat dan tanaman ini biasanya tumbuh di sepanjang sungai, tetapi bisa juga ditemukan di rawa. Anubias barteri var. nana memiliki ciri daun lebar, tebal dan berwarna gelap. Tanaman ini banyak tersedia di toko-toko ikan lokal atau bisa ditemui melalui penjualan online. Para kolektor sering menyebut tanaman ini sebagai Anubias nana mungkin untuk menyingkat namanya yang cukup panjang, pada awalnya tanaman ini tumbuh secara emersed (setengah terendam air). Anubias barteri var. nana mini merupakan mutasi yang muncul dalam budidaya di Oriental Aquarium pembibitan di Singapura. Pada dasarnya semua spesies anubias bisa Anda jadikan sebagai tanaman midground.



2. Bacopa Australis


Istilah Lokal : Bacopa
Informasi Dasar : Bacopa Australis merupakan tanaman dengan struktur batang yang kurang kaku (lentur) dan daunnya berwarna hijau terang. Tanaman ini berasal dari Brasil Selatan (tapi kok namanya ada australis nya ya 😀 ). Bacopa Australis ditemukan tumbuh di antara vegetasi riparian padat dan saluran air. Tanaman ini pertama kali diperkenalkan secara umum pada tahun 2000. Sekilas, tanaman ini mirip Micranthemum umbrosum atau biasa disebut “monte carlo” namun bacopa australis jauh lebih mudah dalam memeliharanya jika dibandingkan dengan “monte carlo” dan juga perbedaan antara keduanya adalah bacopa ini mempunyai sedikit warna pink pada daunnya.







3. Hydrocotyle leucocephala


Istilah Lokal : Hydrocotyle
Informasi Dasar : Leucocephala Hydrocotyle merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan yang memiliki cara tersendiri untuk ditanam dalam akuarium, kolam atau bahkan paludarium. Tanaman jenis ini sangat kuat dan cepat tumbuh. Hydrocotyle umumnya dikenal sebagai Pennywort Brasil, terkenal karena daunnya yang berbentuk menyerupai putaran.Ini merupakan salah satu tanaman yang saya gunakan juga, mudah didapat dan murah.




4. Micranthemum umbrosum


Istilah Lokal : Monte Carlo
Informasi Dasar : Terdapat kemiripan antara Micranthemum umbrosum a.k.a “monte carlo” dengan “baby tears” tetapi Anda bisa membedakannya dengan mudah. Kemiripan antara keduanya terdapat pada daun namun postur keduanya berbeda, monte carlo tumbuh merambat dan sedikit rebah jika dibandingkan dengan baby tears yang terkadang tegak. Micranthemum Umbrosum merupakan tanaman air yang dapat beradaptasi untuk hampir semua jenis tata letak atau kondisi akuarium. Tanaman ini berlimpah di Amerika bagian Utara, tanaman ini dapat ditemukan di parit dangkal dan sungai. Micranthemum umbrosum diperkenalkan secara umum sebagai tanaman Aquascape pada akhir 1990-an oleh master Aquascape siapa lagi kalau bukan Takashi Amano. Spesies Micranthemum umumnya dikenal dengan sebutan “Pearl grass”.




5. Sagitaria Subulata


Istilah Lokal : Sagitaria Subulata
Informasi Dasar : Sagitaria Subulata adalah tanaman Aquascape yang cukup populer hingga saat ini, banyak dibudidayakan dengan sistem pembibitan utama yang termasuk dalam oriental akuarium, tropica dan pembibitan florida aquatic.








Bila Anda sedang mencari tanaman yang indah, rendah pemeliharaan untuk menghias akuarium Anda, cobalah salah satu 9 tanaman diatas. Dengan perawatan harian yang mudah mereka akan berkembang dan mencerahkan akuarium Anda. Tambahkan varietas ikan favorit Anda dan nikmatilah aquascape Anda!


Ingat, tanaman ini tumbuh subur terbaik pada suhu kamar atau sedikit di atasnya. Anda mungkin perlu lampu atau chiller (pendingin) untuk memastikan suhu air tetap dalam kisaran yang ideal. Kesemuanya yang anda butuhkan untuk membuat akuarium dengan low maintenance dapat dengan mudah anda temukan di toko ikan.

9 Tanaman Aquascape Terbaik Untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments: