Mengobati jamur pada ikan louhan

Di kesempatan ini saya akan khusus membahas tentang jamur. Seperti sudah kita ketahui bersama, jamur pada ikan hias atau bisa juga disebut parasit, merupakan penyakit yang merugikan bagi ikan louhan kita, karena cepat atau lambat ikan yang terkena jamur di tubuhnya akan lemas dan berakhir dengan kematian. Penanganan yang cepat dibutuhkan dalam hal ini, dikarenakan penyebaran jamur pada ikan pun sangat cepat.

Sebelum lebih detail pembahasan jamur, di awal saya sudah pernah membahas tentang macam penyakit penyakit yang umum menyerang louhan dan pengobatan nya

Nah sekarang kita kembali lagi tentang jamur he he.. Berbagai macam pencegahan dapat dilakukan oleh kita pemilik sekaligus hobbis ikan louhan, pastinya ga mau kan ikan louhan kesayangan mati? he hee

Pencegahan yang dapat kita lakukan yakni :

Menguras akuarium teratur & terjadwal
Menguras akuarium dengan teratur memang merupakan kewajiban bagi kita selaku pemilik ikan hias apapun itu jenisnya, dan pergantian air secara rutin juga merupakan kebutuhan pokok bagi ikan yang mempunyai siklus hidup di air, setidaknya menguras akuarium secara teratur semisal seminggu sekali adalah salah satu cara untuk menekan adanya jamur atau parasit lainnya.

Heater / Pengatur suhu air
Memberi Heater di setiap akuarium louhan kesayangan kita merupakan sebuah kewajiban seharusnya, karena fungsi heater disini juga salah satu langkah mencegah bertumbuhnya jamur karena suhu air yang hangat dan stabil bisa membunuh pertumbuhan jamur.

Pemberian garam ikan
Pemberian garam ikan pun dapat mencegah sekaligus membunuh berkembangnya jamur, karena garam bersifat panas terhadap bakteri ataupun jamur. oleh sebab itu pemberian garam ikan sangat dianjurkan dengan takaran 1 sendok makan tiap 10 liter air.

Pemberian obat ikan
Pencegahan pun dapat dilakukan dengan penggunaan obat dalam perawatan hariannya, tetapi dosis tentu tidak sama dengan jika ikan sudah terserang penyakit, karena pemberian obat disini hanya salah satu langkah antisipasi saja, kita dapat menambahkan methyline blue, acriflavine, pomate dan msh banyak lagi. Dengan dosis masing masing, sudah tertera di tiap bungkus nya karena antara obat satu dan lainnya berbeda takaran.

Nah di atas sudah saya sebutkan sedikit langkah antisipasi untuk pencegahan berkembangnya jamur atau parasit yang lainnya pada ikan hias, sekarang bagaimana jika ikan sudah terjangkit? Sekarang saya akan jelaskan sedikit penanganan jika ikan terjangkit jamur & parasit lainnya
Baiklah, begini langkah pengobatannya

Louhan sakit
Langkah pengobatan ikan louhan sakit
Langkah awal, kuras total air akuarium anda, pastikan sampai benar benar bersih.
Selanjutnya, berikanlah garam dengan dosis 3x dari hariannya, seperti yang saya sebutkan di atas perbandingan dosisnya
Berikan obat dengan takaran untuk "pengobatan", bukan "pencegahan", sudah tertera di masing2 obat tentang dosis, saya menyarankan menggunakan acryflavine, karena terbukti ampuh berantas jamur, parasit dan lainnya
Setel ulang heater dengan agak sedikit menaikkan suhunya, alias air dibikin agak hangat dari biasanya.
Yang terakhir, ikan jangan diberi makan dulu sampai kondisi ikan terlihat sedikit lebih baik

Oke kawan pembaca, begitulah cara pengobatan dan pencegahan agar ikan louhan kita selalu dalam kondisi terbaiknya, semoga sedikit sharing ini bisa sedikit membantu disaat louhan kawan pembaca ada yang mengalami masalah yang sama.


Mengobati jamur pada ikan louhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar