Jenis Ikan Arwana dan Cara Merawat Yang Baik dan Benar

Jenis Ikan Arwana dan Cara Merawat Yang Baik dan Benar - Selamat Siang, pada pertemuan perdana kita kali ini kita akan membahas Ikan Arwana. Ikan Arwana merupakan satu dari beberapa jenis ikan Hias yang di bandrol dengan harga yang Cukup mahal. Ikan dengan nama latin Scleropages formosus ini merupakan jenis ikan air tawar yang mendiami perairan laut Asia Tenggara. Dengan Bentuk dan warna yang sangat cantik, serta adanya sirip dubur yang terletak jauh dibagian belakang tubuhnya. Bentuk tubuhnya ramping dan memanjang serta semakin menarik dengan gaya berenangnya yang anggun dengan warna warna yang beragam seperti Hijau, perak dan mewrah, dan ada juga spesies ikan Arwana dengan warna keemasan. Namun spesies Arwana Asia cenderung memiliki warna yang keperak perakan.

Ikan Arwana Asia lebih dikenal dengan nama ikan naga , penamaan ini berasal dari mitologi China. Sungut yang terletak di bawah bibirnya memiliki fungsi sebagai pendeteksi sensor gerak mangsanya yang berada dalam permukaan air. Selain itu 2 sungut yang menjuntai tersebut menjadi nilai lebih dari ikan ini karena menambah keindahannya dan tentunya harganya. Pertumbuhan ikan arwana berpotensi cukup besar, dengan pakan yang mengandung protein tinggi membuat ikan ini dapat mencapai panjang 60 Cmn jika hidup dalam habitat aquarium dan dapat mencapai panjang 90 cm jika hidup di Alam bebas. Bahkan jenis Arwana Amerika dapat mencapai panjang kurang lebih 270 cm.

Variates Warna Ikan Arwana Asia

Ikan Arwana Asia Hidup dan mendiami daerah perairan sungai sungai Asia tenggara , dan dengan beberapa warna endemik seperti berikut :
  • Spesies Ikan Arwana Berwarna Hijau ditemukan didaerah perairan Indonesia, Malaysia dan Thailand
  • Spesies Ikan Arwana berwarna Emas dan ekor merah di temukan di perairan Indonesia
  • Spesies Ikan Arwana berwarna Emas Ditemukan di perairan Indonesia
  • Spesies Ikan Arwana berwarna merah ditemukan di Indonesia
  • Penempatan Dan Kondisi Aquarium
Jangan pernah meletakan Aquarium ikan Arwana dengan menempel pada tembok, karena di khawatirkan jika anda serangga yang hinggap, ikan Arwana akan melompat dan menabrak dinding Aquarium. Berikan Backgroun dinding sesuai dengan warna ikan Arwana yang ada. Pastikan suhu air dalam Aquarium berada pada angka 27 – 30 derajat celcius. Perhitungkan besar atau ukuran Aquarium agar ikan dapat bergerak bebas dan leluasa, dan beri penerangan yang memadai
  • Pemberian Pakan
berikan makanan dengan itensitas 3 sampai 4 kali sehari, berilah hewan hewan seperti kelabang, kocoa, jangkrik dan udang agar warna sisiknya semakin Indah. Jangan sampai sisa sisa makan tertinggal dalam Aquarium dan mengganggu kualitas air.
  • Kualitas Air
pastikan kuras habis air Aquarium 3 bulan sekali, sikat dan bersihkan kemudian keringkan dengan sinar matahari agar menghilangkan bakteri dan jamur. Air baru yang akan digunakan untuk mengisi Aquarium harus di endapkan terlebih dahulu selama 24 Jam.
advertisement

Jenis Ikan Arwana dan Cara Merawat Yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar