Mengenal Ikan Hias Ikan Dwarf Pufferfish

Mengenal Ikan Hias Ikan Dwarf Pufferfish - Ikan Dwarf Pufferfish tu akrab kita sapa dengan nama ikan buntal atau salah satu spesiesnya merupakan ikan hias yang sangat lucu, selain tentunya indah. Ikan ini banyak tersebar di sungai pamba sebuah sungai di india  yang merupakan daerah andemik bagi ikan ini. Ikan ini dapat menghuni atau hidup dalam air tawar dan air payau, di dataran panjir dan menuju kehulu. ikan ini sering di temukan dalam kelompok kecil bahkan sendirian.

Mengenal Ikan Hias Ikan Dwarf Pufferfish
Mengenal Ikan Hias Ikan Dwarf Pufferfish

Ikan Dwarf Pufferfish dapat tumbuh dan mencampai ukuran antara 2,5 sampai 3,5 cm. Ikan Dwarf Pufferfish memiliki nama ilmiah yaitu Carinotetraodon travancoricus dan berasal dari keluarga Tetraodontidae (Tetraodontiformes), namun ikan ini memiliki beberapa nama lain di antaranya Malabar pufferfish, pygmy pufferfish, atau pea pufferfish. Spesies Ikan Buntel ini merupakan jenis spesies terkecil dari seluruh spesies ikan buntel yang ada di dunia.

Dengan memiliki warna yang biru, ikan ini akan semakin terlihat indah saat merasa terancam karena ikan ini dapat menggembungkan dirinya. Anda harus tetap waspada saat ikan ini mnggembung, karena duri duri nya akan keluar sebagai alat pertahanan diri. selain duri, ikan ini juga menyebarkan zat beracun yang dapat melumpuhkan predatornya.

Walaupun berukuran kecil, namun ikan ini merupakan ikan karnovora, atau pemakan hewan yang hidup. Dan karena ukurannya yang kecil itu, pakan nya pun harus kecil dan menyesuaikan bentuk perutnya. Anda dapat memberikan pakan berupa brine shrimp, cacing darah, siput kecil. pakan siput kecil ini berfungsi untuk mengikis gigi giginya yang tumbuh terus memanjang.

Untuk kebutuhan akuarium, anda harus pintar pintar mendekorasi akuarium anda agar ikan ini tidak merasa bosan. Berikan tumnuhan tumbuhan air dan gua gua buatan atau tempat temoat persembunyian karena dasar ikan ini adalah ikan teritorial. Anda juga harus pintar pintar mengkondisikan air, karena ikan ini tidak memiliki filter insang, sehingga rentan terhadap penyakit dan perubahan air. berikan air dengan temperatur 22-28°C dan tingkat keasamaan PH 7,5-8,3 . BErikan filtrasi air yang baik, agar kebersihan dan kejernihan air tetap terjaga.

Mengenal Ikan Hias Ikan Dwarf Pufferfish Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar