Cara Budidaya Ikan Betutu Kolam Buatan

Cara Budidaya Ikan Betutu Kolam Buatan - Hai sob, Ikan betutu atau yang lebih dikenal juga sebagai ikan malas kelihatannya belum banyak dikenal orang pada umumnya. Ikan ini memanglah belum banyak di pasaran hingga untuk menemukannya cukup sulit serta tak sering orang mengenalnya. Walau sebenarnya ikan ini memiliki daging yang enak serta gurih sehingga banyak sekali eksportir yang mencari ikan ini. Belum banyak orang yang beternak ikan betutu ini sehingga harga nya pula sangatlah mahal, per-kilonya sampai 130.000 ribu rupiah. Gimana, untung sekali ya untuk jadikan kesempatan untuk usaha anda? kamu dapat lakukan pembudidayaan sendiri. Karenanya, pada artikel ini bakal menuturkan cara budidaya ikan betutu. Harga nya yang sangatlah tinggi buat kamu pasti tergiur untuk panen ikan betutu lalu memperoleh untung besar.

Sepintas Mengenai Biografi Ikan Betut


Nah perlu diketahui, Bukanlah tanpa ada argumen ikan ini dijuluki ikan malas lantaran ia terlampau malas bergerak terkecuali disentuh oleh tangan orang atau terserang suatu hal. Ikan ini cukup populer bukan lewat jalur resmi seperti dikenalkan oleh Kementerian Perikanan. Namun malah lewat penangkarannya, ikan ini malah terkenal. Untuk orang Kalimantan Barat mungkin telah tak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Cara budidaya ikan betutu pasti tak sama seperti cara budidaya ikan hias lainnya. Kemalasanannya juga merambah pada hasratnya untuk mencari makan. Ia cuma diam menanti diberi makan. Bila telah kenyang ia cuma bakal diam di dasar perairan seperti ikan mati.

Proses Pembentukan Kolam Betutu


Seperti cara budidaya ikan koi pada umumnya yang bisa dibudidayakan di kolam rumah ataupun di aquarium, budidaya ikan betutu juga tak jauh beda lho. Cara budidaya yang pertama yaitu pembuatan kolam. Kolam dapat anda buat dari semen, akuarium atau bahan yang lain. Minimum dalam kolam yaitu satu meter. kemudian dibagian pinggir kolam buat parit selama 75 cm serta kedalaman 30-40 cm. Hal itu memiliki tujuan untuk mempermudah waktu pengeringan kolam, mempermudah menangkap ikan serta buat ikan-ikan makanan betutu terkumpul hingga gampang dikonsumsi oleh betutu. Di luar itu, sebisa-bisanya anda buat pintu pembuangan air dengan sistem monik supaya pembuangan air lebih lancar dan gampang.

Proses Memasukan Ikan Ke-Kolam


Budidaya ikan betutu lebih mirip lewat cara budidaya ikan lele di terpal. Sama seperti dengan ikan lele, betutu dapat hidup di air keruh. Ia tahan pada lingkungan air yang kotor, tak sama dengan umumnya ikan yang malah akan mati. Setelah kolam jadi, taburilah kolam anda dengan mujair. Sesudah mujair yang suka kawin ada dalam kolam sepanjang 1-2 bln, barulah anda masukkan benih betutu ke dalam kolam. Kemudian, rutinlah memberi makan ikan betutu hingga hari panen dating.

Pemberian Tumbuhan di Dalam Kolam


Baiknya kamu juga berikan tumbuhan aquatic seperti teratai untuk melindungi kelembapan suhu di dalam kolam. Betutu memang suka tempat yang rindang dan tidak terpapar sinar matahari. Budidaya betutu yang gampang jadikan beberapa orang mengerjakannya. Mudah-mudahan info ini berguna serta dapat menolong kamu untuk lakukan budidaya ikan betutu. Sekian ulasan ini saya berikan mudah-mudahan berguna.

Cara Budidaya Ikan Betutu Kolam Buatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar