Cara Membuat Kolam Terpal Lengkap

Cara Membuat Kolam TerpalPernah terbesit dalam benak, Bagaimana cara membuat kolam terpal sendiri? Mungkin saja itu adalah pertanyaan yang sering muncul bagi peternak pemula. Nah, Berikut ini admin berikan tahapan pembuatan kolam terpal khusus untuk budidaya ikan lele. Penting! Bagi para peternak ikan lele, kolam terpal menjadi salah satu alternatif disaat  budidaya ikan lahan yang digunakan terbatas. Selain itu juga cara membuat kolam terpal terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Terlebih lagi jenis kolam terpal mempunyai sifat semi-permanen atau dapat dibongkar pasang.

Dalam pembuatan kolam terpal kamu harus membutuhkan rangka yang kuat. Fungsi dari Rangka ini adalah sebagai dinding penahan pada kolam. Bahan yang dapat digunakan sebagai rangka kolam terpal adalah seperti bambu, besi, baja ringan, ataupun batu bata. kamu juga dapat memadukan bahan pembuatan rangka kolam ini, agar tercipta estetika yang menarik dari kolam tersebut.

Membuat kolam terpal untuk ternak lele dengan kombinasi rangka dari bambu tentunya sangat cocok bagi kamu yang masih pemula atau dalam tahap belajar. Kali ini admin akan menjelaskan cara membuat kolam terpal untuk berternak lele dengan luas lahan 2 x 4 meter, dengan penggunaan terpal berukuran 4 x 6 meter. Bambu yang kamu butuhkan dalam pembuatan kolam terpal untuk ternak lele sejumlah 10 biji atau 10 selonjor. Dengan panjang rata – ratanya sekitar 7 meter. Lokasi pembuatan kolam terpal untuk ternak lele pun tak perlu proses penggalian. Alas kolam terpal untuk ternak lele dapat langsung di atas lahan atau tanah.


Berikut Tahapan Cara Pembuatan Kolam Terpal Untuk Ternak Lele :


Tahapan pertama proses atau cara membuat kolam terpal untuk ternak lele yaitu, potonglah bambu dengan panjang kurang lebih 2 meter serta 4 meter. Pemotongan bambu dilakukan dengan berdasarkan penyesuaian jarak kerapatan bilah pagar. Kekuatan konstruksi kolam kamu bergantung pada tingkat kerapatan bilah pagar tersebut, semakin rapat maka semakin kuat dan tahan lama kolam yang kamu buat.

Sebelum proses perangkaian atau dipaku, sebaiknya kamu meraut halus bambu yang telah dipotong. Hal ini bertujuan untuk mencegah kebocoran terpal akibat tusukan bagian bambu yang masih tajam. Ketika stok bambu kamu kurang, sebaiknya kamu memprioritaskan kerapatan bambu bagian bawah. Nantinya ke atas baru dibuat sedikit renggang, dengan batas debit air kolam. Tekanan air bagian bawahlah yang yang dapat membuat terpal menjadi bocor.

Langkah kedua cara membuat kolam terpal yaitu, sekarang kamu  buatlah pagar yang ukurannya 1 x 4 serta 1 x 2, masing–masing 2 buah. Perlu diingat nih, Pagar yang bagiannya halus posisinya di bagian dalam kolam dan bagian bilah pagar yang rapat diposisikan pada bagian bawah. Nah, Setelah penempatan bilah bambu yang sudah menjadi pagar, selanjutnya kamu membuat patok dari bambu yang telah kamu bagi tadi menjadi 2 bagian. Patok yang ditanam saya sarankan ditanam sedikit dalam sampai patok tak goyang.

Langkah ketiga cara membuat kolam terpal adalah penyatuan atau pengeretan pagar dan patok. Penguatan atau pengeratan dapat kamu gunakan paku dan ikatan dari tali. Untuk konstruksi maksimal dapat dilakukan keduanya yaitu dipaku terus diikat, ingat semakin banyak patok dan semakin dalam patok yang kamu tanam maka dinding kolam terpal untuk ternak lele kamu semakin kuat. Sebelum memasang terpal terlebih dahulu kamu memasang saluran pipa untuk saluran pembuangan kolam.

Cara atau Proses pemasangan pipa saluran pembuangan air kolam terpal untuk berternak lele


Tujuan pemasangan pipa saluran pembuangan dalam kolam terpal yaitu untuk menguras atau mengganti air kolam, ataupun saat kamu melakukan pemanenan. Ukuran lubang saluran pembuangan dapat kamu sesuaikan dengan keinginan kamu, semakin besar lubang saluran maka semakin cepat pembuangan air didalam kolam. Selain sebagai saluran pembuangan, lubang tersebut dapat digunakan sebagai pengatur level ketinggian air di dalam kolam terpal.

Model saluran pembuangan pada kali ini mungkin akan berbeda dengan saluran pembuangan pada kolam terpal untuk ternak lele lainnya.

Bahan yang diperlukan:

  1. Clamp / Klem, seperti ring atau bulat silinder dilengkapi screw sekrup yang fungsinya untuk dikencangkan maupun dikendorkan, bahan ini dapat kamu membelinya di toko bangunan maupun toko onderdil mobil. 
  2. Sediakan Pipa PVC/paralon berukuran 2 inci. 
  3. Penyambung pipa (Knee) berukuran 2 inci. 
  4. Ban dalam motor, untuk menghemat pengeluaran anda bisa gunakan ban dalam bekas yang karetnya masih bagus. 

Alat yang dibutuhkan

  1. Obeng yang sesuai screw sekrup 
  2. Pisau Cutter / Gunting 
  3. Tali 
  4. Spidol 
  5. Lem jika kamu membutuhkannya 

Langkah kerja

  1. Beri tanda pada bagian terpal yang akan kamu jadikan tempat saluran pembuangan menggunakan spidol. Setelah itu masukkan salah satu ujung knee dari luar ke dalam terpal. kamu perlu memastikan salah satu ujung knee menghadap ke arah pembuangan air. 
  2. Selanjutnya kamu mengikat terpal dan pipa pembuangan dengan menggunakan karet ban bekas yang sudah digunting. Pengikatan dilakukan serapi mungkin agar tak terlalu banyak lekukan terpal. 
  3. Pasang klem yang terbuat stanles agar tak mudah berkarat. Lalu, Klem dipasang pas bagian yang sudah diikat, dan jangan lupa, kamu mengeratkan menggunakan obeng. 
  4. Langkah selanjutnya, kamu membuka lubang yang sudah ditandai dengan menggunakan pisau cutter. 
  5. Selanjutnya pasang pipa pvc/paralon. Saran saya, Paralon yang akan dipasang di dalam kolam panjangnya kamu sesuaikan dengan tinggi debit air yang diinginkan. Pipa yang berada diluar kamu dapat sesuaikan panjangya hingga diluar kolam. 

Itulah tadi cara membuat kolam terpal untuk ternak lele. Kedepannya kami arapkan semoga ternak lele kamu dapat sukses dan berkembang dengan pesat.

Cara Membuat Kolam Terpal Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar


Memuat...