Ikan Predator Arapaima Gigas

Ikan Predator Arapaima Gigas - Arapaima gigas, atau umumnya dikenal dengan sebutan Arapaima,Pirarucu, atau Paiche, merupakan ikan air tawar tropis yang berasal dari Amerika Selatan.
Arapaima ini merupakan salah satu ikan air tawar yang berukuran paling besar di dunia. Arapaima ini merupakan keluarga ikan Arowana yang populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.
Ikan Predator Arapaima Gigas

Ukuran tubuh Arapaima dapat mencapai ukuran panjang sekitar 2,5 m dengan berat lebih dari 100 kg. Populasi ikan Arapaima ini sudah mulai terancam, dikarenakan para kolektor ikan eksotis memburu ikan ini untuk dijadikan sebagaisalah satu koleksi pribadinya. Di Amerika Selatan, ikan ini seringkali ditangkap terutama untuk ekspor, selain itu masyarakat lokal juga mengkonsumsi ikan ini, Nah akibatnya populasi ikan Arapaima mulai menyusut dan semakin sudah jarang ditemukan di sungai-sungai.

Ukuran tubuh yang besar serta ikan ini lebih sering muncul ke permukaan lah, yang membuat ikan ini mudah sekali ditangkap. Ikan ini mempunyai ketergantungan yang mendasar pada udara permukaan untuk ikan ini bernapas. Selain insang, memiliki kandung kemih berenang dimodifikasi dan diperbesar, terdiri dari paru-seperti jaringan, yang memungkinkan untuk mengekstrak oksigen dari udara. Ini adalah adaptasi terhadap kondisinya yang sering hipoksia dari dataran Amazon. Kondisi inilah yang menyebabkan Arapaima naik ke permukaan untuk mengambil udara setiap 5 sampai 15 menit.

Pemerintah Brazil sudah mengeluarkan larangan untuk menangkap ikan ini. Memancing ikan ini hanya diperbolehkan di pedalaman atau daerah terpencil tertentu di lembah Amazon, penangkapan hanya dibolehkan hanya untuk konsumsi penduduk setempat saja.

Ikan Arapaima ini makanannya ikan berukuran lebih kecil, krustasea, dan juga binatang darat yang masuk ke dalam air.

Ikan Arapaima ini bertelur selama bulan-bulan saat tingkat air rendah atau tinkat air mulai meningkat. Mereka membangun sarang sekitar kurang lebih 50 cm dan lebar sekitar 15 cm, biasanya di daerah yang berlumpur. Dan Saat air naik, menetaslah telur dan keturunannya memiliki musim banjir untuk makmur, selama bulan Mei sampai Agustus. Nah, Oleh karena itu, pemijahan tahunan diatur musiman. Jantan Arapaima merupakan mouthbrooder, seperti biasanya Osteoglossum, yang berarti Arapaiman muda dilindungi dalam mulutnya sampai mereka dapat mencari makan sendiri. Sedangkan betinanya membantu untuk melindungi sang jantan dan anak-anaknya dengan melingkari mereka dan mengusir predator potensial.

Ikan Arapaima ini populer sebagai ikan hias air tawar yang dipelihara para kolektor ikan eksotis. Tempat yang dibutuhkan adalah sebuah bak atau akuarium yang berukuran besar, agar tidak membuat ikan ini stress.

Ikan Predator Arapaima Gigas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar


Memuat...