Ikan Hias Pemakan Kotoran Ikan Lain

Ikan Hias Pemakan Kotoran Ikan Lain - Chinese Algae Eater ( Gyrinocheilus aymonieri ) CAE merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, selain unik dan cantik juga dapat bermanfaat untuk Pembersih kotoran aquarium sobat. Yang paling mengejutkan lagi, untuk mendapatkan jenis ikan air tawar ini sangatlah mudah, yaitu sobat dapat mencarinya cae di sungai terdekat.


Ikan pemakan alga rambut ini pada umumnya sudah banyak yang mengetahuinya, namun sedikit sekali yang tahu akan kegunaan ikan ini. Setelah membaca ulasan tentang ikan ini banyak juga yang merasa keheranan dan ingin cepat-cepat memelihara serta merawatnya.

Bila sobat memiliki dan merawat jenis ikan hias di rumah dengan wadah aquarium, ikan ini sangat cocok untuk dapat sobat campur dengan ikan hias lainnya, karena selain cantik juga bisa membersihkan gannggang aquarium aquascape sobat, dan juga ikan pemakan alga rambut tadi.

Dari sifat ikan yang baik serta mempunyai manfaat yang luar biasa, tentunya juga memiliki kekurangan dengan sifat yang dimilikinya. Pada umumnya yang sudah terjadi jenis ikan hias air tawar Chinese Algae Eater cae pemakan alga ini ternyata bersifat agresif, yaitu bisa merusak ikan lain. Tentunya bila hal tersebut kurang waspada dalam merawatnya.

Sebelum membahas tuntas tentang ikan ini, dalam perawatn ikan ini ternyata tidak harus di diamkana dalam waktu yang lama, namun ada saatnya kita dapat mengambilnya dari ikan lain. Untuk itu sobat harus rajin-rajin anjut membaca profil dan klasifikasi ikan Chinese Algae Eater Ikan Pembersih Akuarium Air Tawar.

Chinese Algae Eater Ikan Pembersih Akuarium Air Tawar

Ternyata nama lain dari ikan Hias Chinese Algae Eater Pembersih Aquascape Akuarium Air Tawar juga akrab disebut sepert misalnya India Algae Eater, Sucker Loach, Sucker Ikan, Golden Algae Eater.

Tak jauh ikan ini ditemukan, di Asia yang khususnya pada negara kita ini Indonesia banyak sekali terdapat jenis ikan ini. Pada dasarnya tempat yang banyak di tempati ikan Ikan ini Chinese Algae Eater ( Gyrinocheilus aymonieri ) tak lain yaitu pada air sungai yang ada di pegunungan dengan aliran yang lumayan deras.

Pada habitat aslinya ikan ini masih dalam kategori jenis genus tunggal keluarga Gyrinocheilidae, dan masih termasuk family kecil jenis ikan cypriniform dari Asia Tenggara. Sobat bisa mengetahuinya dengan mempunyai mulut yang mana lebih suka ditempelkan pada lumut atau alga di dasar air.

Mulut ini disebut suckermouth ( merupakan suatu bagian perut berorientasi (inferior) mulut diadaptasikan untuk merumput di alga dan organisme-organisme kecil yang tumbuh pada objek terendam/air)

Pada celah insangnya dari ikan Cina Algae Eater CAE ini dan juga sekelompoknya adalah terdapat adanya celah yang masing-masing terbuka. Yang mana untuk bisa dimasuki air yang berfunfsi untuk syistem pernafasan ikan ini sebagai jalan alternatif tanpa harus mengambil air dari mulut.  Air masuk melalui 1 lubang, dan melalui daun lainnya.

Karena jenis ikan hias air tawar ini tidak mudah mati, sangat cocok bagi sobat pemula untuk tetap merawat dan memeliharanya, Ikan Cina Algae Eater CAE (ikan hias pemakan kotoran ikan lain) merupakan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, dikarenakan ikan hias ini tidak mudah mati. Bahkan saat jenis air aquarium sudah tercemar oleh beberapa kotoran, ikan ini masih mampu bertahan hidup.

Bila sobat benar-benar merawat dan memelihara ikan ini, usahakan untuk dapat menyediakan jenis air, yaitu yang bersuhu kisaran antara 75 ° F - 80 ° F (24 ° C - 27 ° C) dengan pH 6,5 - 7,5.

jenis wadah yang paling ideal adalah aquarium, dengan komposisi yang bisa menampung air sebanyak sekitar 200 literan. jangan lupa pula untuk melengkapi perlengkapan cantik aquarium, yaitu bisa berupa jenis tanaman aquascape agar si ikan Chinese Algae Eater (CAE) ini bisa bertahan ama serta nyaman.

Yang perlu sobat ketahui akan kelebihan ikan ini yaitu, bila dipelihara dengan maksimal, dapat dipastikan akan mampu bertahan hidup sampai umur 10 tahunan. Itu semua tergantung dari perawatn sobat.

Harga Ikan SAE Chinese Algae Eater Ikan Pemakan Alga Rambut

Untuk harga ikan sae sendiri sangat murah sekali, sobat dapat mendapatkannya pada toko ikan hias kota terdekat sobat. Ikan cae Cina Algae Eater ini sangat populer dipelihara, bahkan ikan hias ini seringkali dicampur dengan ikan hias lain karena bersifat tidak agresif alias peragainya yang pendamai.

Manfaat lain dari memelihara ikan Cina Algae Eater (cae) yaitu sangat membantu sekali untuk pemakan lumut kolam, pembersih akuarium otomatis, ikan pembersih kotoran aquarium, dan ikan hias pemakan kotoran ikan lain.

Yang perlu diperhatikan adalah saat jenis ikan hias air tawar Chinese Algae Eater (CAE) sudah tumbuh besar, sobat dapat memisahkannya dari wadah tertentu, karena semakin besar biasanya untuk pemakan alganya akan berkurang sendiri.

Budidaya ikan Chinese Algae Eater (CAE) 

Bila sudah menginjak tumbuh dewasa, atau menjadi indukan, sobat dapat mengambilnya kemudian bdudidaya ikan Chinese Algae Eater (CAE) sendiri untuk mendapatkan anakan ikan Chinese Algae Eater (CAE) ini sebanyak mungkin. Karena bila dibiarkan dalam aquarium secara terus menerus, akan bisa membahayakan jenis ikan lainnya.

Ikan Chinese Algae Eater (CAE) ini suka menempel, yang lebih menakutkan saat akan menempel pada tubuh ikan lain bisa merusak sisik tersebut, dan pada akhirnya akan terjadi kerusakan pada jenis ikan lain serta bisa juga menimbulkan kematian.

Dirasa cukup sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Chinese Algae Eater (CAE) Ikan Pembersih Akuarium Air Tawar ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita untuk pemeliharaan pada jenjang berukutnya. 

Ikan Hias Pemakan Kotoran Ikan Lain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar


Memuat...