Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Sudah tahu cara agar ikan cupang galak? atau ingin tahu cara merawat ikan cupan hias? Siapa sih yang tak kenal yang namanya cupang, salah jenis ikan hias yang gampang/mudah sekali untuk dipelihara, salah satu jenis ikan his yang populer hingga saat ini. Terutama jenis cupang untuk kontes/hias dan aduan.

Sampai-sampai dari cupang aduan, dicari cara membuat gigi ikan cupang aduan tajam, yang dapat melukai lawan dalam laga dll. Cara merawat cupang gampang-gampang sulit kok, apalagi mulai dari burayak atau anakan harus benar-benar memberikan perhatian khsusus agar tidak mati karena burayak cupang rentan sekali mati baik itu disebabkan karena kualitas air yang buruk ataupun karena kesalahan teknis. Bagi Anda pemula yang ingin sekali memelihara ikan hias ini, berikut ini adalah cara agar ikan cupang cepat besar serta tak mudah mati.
Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Bagaimana Cara Agar Ikan Cupang Cepat Besar?

Nah, Salah satu ikan hias kecil yang dapat memberikan kepuasan tersendiri saat melihatnya adalah ikan cupang. Banyak yang sudah mencoba melakukan budidaya ikan cupang, akan tetapi mulai dari anakan saja sudah banyak yang gagal atau banyak yang mati burayaknya. Kasihan yah?

Sebenarnya bagaimana sih cara merawat ikan cupang agar selalu sehat dan cepat besar? Oke, Sebetulnya sangat mudah lho, salah satu kunci kesuksesan dalam merawat burayak ikan cupang Anda dapat memberikan air yang sehat dan bersih dari serangan  bakteri dan virus terutama menjaga masalah makanannya, karena jika terlalu sedikit burayak akan kurus dan terlalu banyak air akan keruh.

Cara Merawat Ikan Cupang Pemberian Pakan

Makanan yang sering/biasa diberikan pada burayak ikan cupang dapat berupa kutu air, yang mana diberikan cukup 2 kali sehari saja, ada juga yang memberikan pakan sehari hanya 1 kali. yaitu pada pagi dan pada sore harinya.

Dalam pemberian pakan janganlah terlalu kebanyakan, cukup sekedarnya/secukupnya saja dan sesuai kebutuhan pakan ikan tersebut. Nah, Pada umumnya yang banyak terjadi adalah terlalu banyak pengendapan sisia pakan sehingga menjadikan air cepat keruh dan cepat menimbulkan bakteri dan virus, itulah yang menyebabkan kenapa burayak cupang banyak yang mati.

Jenis Pakan yang Baik untuk Ikan Cupang


Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk adalah salah satu jenis makanan cupang yang mengandung gizi dan nutrisi yang sangat bagus buat pertumbuhan cupang sobat. Jika cupang sudah beranjak dewasa, jentik nyamuk dapat Anda gunakan sebagai pakan pokoknya.

Selain itu, kutu air (daphnia) cacing sutera, cacing darah, cacing rambut juga dapat Anda berikan dengan takaran yang cukup/pas.

Nah, Agar ikan cupang Anda cepat besar, sediakan juga atau berikan makanan berupa cacing sutra yang masih hidup 10 kali dalam sehari dengan perlahan-lahan dan dengan hati-hati.

Nah, Cacing sutra inilah yang bisa memberikan perkembangan yang cepat daripada makanan lainnya, hal ini cacing sutra tanpa tulang dan daging semua, sehingga sangat mudah sekali dicerna oleh si ikan cupang. Namun perlu diingat, lemak dalam cacing sutra sangatlah tinggi, tidak cocok untuk ikan cupang betina yang mau diternak/dikawinkan, karena lemak akan menyumbat jalan keluar telur dari si cupang betina..

Cara Agar Ikan Cupang Cepat Besar - Perawatan Akuarium 

Untuk langkah-langkah agar ikan cupang cepat besar selanjutnya adalah memberikan tempat yang ideal, yaitu tak terlalu besar dan tak terlalu kecil, jika terlalu besar ikan cupang akan menjadi penakut dan jika terlalu kecil pertumbuhan ikan cupang akan terhambat. Jika air tidak diganti dalam 2-3 hari, kamu dapat memberikan daun ketapang dalam akuarium tadi. Yang fungsinya untuk mendaur ulang sisa makanan sekaligus membung bakteri dan virus seta menetralkan asam pada air karena daun ketapang sifatnya yang basa.

Lebih utamanya anda dapat mengganti sebesar 50% air akuarium tadi. Waktu yang tepat bila Anda ingin mengganti secara keseluruhan yakni seminggu sekali dengan cara membersihkannya dengan larutan PK. Untuk membunuh/menghilangkan bakteri dan virus cuci hingga bersih lalu jemur.

Jika kebersihan ini telat sedikit saja, ikan cupang Anda dapat terkena penyakit.

Untuk menjadikan ikan peliharaan kita yaitu ikan cupang ini agar cepat besar sebetulnya sangat mudah lho, terutama jenis cupang aduan, cupang hias, ataupun cupang jenis slayer, dan juga cupang siam (liar).

Caranya yaitu pisahkan semua dalam akuarium atau tempat yang berbeda-beda, kemudian sediakan jenis tanaman air, kemudian beri  makan jenis pakan alami seperti jentik nyamuk atau kutu air (daphnia).

Demikian inilah sedikit uraian tentang cara agar ikan cupang cepat besar. Jika berbeda dari cara Anda yang sudah lama memelihara, dapat menambahkan di kolom komentar, sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar


Memuat...