Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Banyak sekali jenis ikan hias air tawar yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita. Namun sebelum kita menentukan jenis ikan hias mana yang akan jadi sahabat kita ada baiknya kita mengetahui apa saja jenis ikan hias air tawar yang biasa ada di toko ataupun daerah ikan hias.

Untuk para penggemar ikan hias jenis predator sanggup pribadi menuju ke link - Ikan Predator

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Jenis ikan hias air tawar

1. Catfish

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Tiger Shovelnose Catfish - Salah satu ikan hias air tawar jenis catfish

Walaupun ada sebagian spesies catfish atau ikan lele ini sering kita jadikan konsumsi tetapi banyak species dari catfish ini layak untuk di jadikan koleksi aquarium atau bak hias kita. Beberapa dari kelompok ikan ini hanya mencapai ukuran 10 cm dikala cukup umur namun ada juga spesies dari Catfish atau ikan lele ini akan mencapai ukuran raksasa, sehingga di sarankan kalau kita menentukan ikan jenis catfish yang besar kita harus mempunyai akuarium yang cukup besar atau mungkin bisa kita tempatkan dikolam. Jenis dari kelompok ikan hias catfish diantaranya Plecostomus, Corydoras / CoryCat, Red Tail Catfish, Pangasius, Banjo Catfish, Upsidedown Catfish alias Synodontis.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Ikan sapu-sapu termasuk kelompok catfish. Mungkin ikan sapu-sapu ini hanya dikenal sebagai ikan pembersih namum ada juga spesies ikan sapu-sapu ini juga mempunyai banyak motif di tubuhnya. Dari yang polos , garis , totol dan lainnya. Sangat cocok untuk ditempatkan sebagai ikan hias di akuarium kita.

Read More : Jenis-Jenis Ikan Hias Catfish

2. Characins


Characins yaitu kelompok ikan yang terbesar dalam Ordo Characiformes. Setidaknya ada 1674 spesies yang dari 270 genus. Ciri khas yang bisa dilihat dari kelompok ikan Characin ini yaitu bahwa ia akan mempunyai sirip 'adipose'. Yaitu sirip kecil sehabis sirip punggung dan sebelum ekor. Banyak ikan dari kelompok Characin kecuali beberapa genus memilikinya. Sirip adipose juga bisa ditemukan pada beberapa jenis ikan lele/catfish.

Kelompok ikan Characin pada umumnya yaitu ikan yang 'bandel' atau berpengaruh dan cocok untuk dijadikan ikan hias bagi pemula. Sebagian besar dari kelompok ikan hias ini yaitu ikan schooling (berenang bersama) sehingga mereka lebih baik dipelihara dalam akuarium komunitas dengan banyak ikan. Kecuali spesies ikan predator menyerupai Piranha, kebanyakan ikan hias dalam kelompok characin bersifat tenang meskipun masuk kedalam ikan karnivora(pemakan daging). Mereka biasanya akan dengan gampang mendapatkan kuliner akuarium menyerupai pelet, serta embel-embel udang dan banyak sekali jenis cacing. ikan jenis biasanya menyukai air yang jernih, sedikit asam dengan arus berpengaruh dan kaya oksigen.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Piranha

Yang termasuk ke dalam kelompok ikan Characin ini ialah kelompok ikan Tetra, kelompok ikan Hatchetfish , kelompok ikan Pencilfish,dan jenis ikan Characin lainnya (Silver Dollar, Headstander, Leporinus)

Beberapa jenis Ikan Hias-Tetra berukuran mini dan mempunyai warna berkilau (ikan neon tetra) dan merupakan salah satu pilihan yang sempurna untuk pengisi akuarium berukuran kecil. Kelompok ikan hias jenis tetra ini bahagia berkelompok. Ditambah dengan tanaman hias akan menciptakan kita betah berlama-lama memandangi ikan di akuarium kita.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Neon Tetra
Read More : Jenis-jenis Ikan hias Tetra

3. Cichlids


Famili ikan cichlid ini terbagi atas dua kelompok besar yaitu African Cichlid (cichlid yang berasal dari Afrika) dan - American Cichlid (berasal dari benua Amerika). Beberapa spesies ikan cichlid dari Amerika Selatan ini bersifat lebih ramah, menyerupai severum, angelfish, dan dwarf cichlids. Untuk ikan jenis ini sanggup disimpan bersama dalam komunitas dalam akuarium. Tetapi banyak jenis ikan cichlid yang berlaku bergairah dan sebaiknya di pelihara sendiri. Misalnya saja Wolf Cichlid, Jaguar Cichlid dan beberapa lainnya

Keluarga ikan Cichlid mempunyai variasi mulai dari bentuk, ukuran. Beberapa di antaranya mempunyai contoh dan warna yang sangat indah. Dan beberapa ikan hias dari jenis cichlid ini mempunyai sikap yang mengagumkan. Ikan dari family cichlidae ini di kenal "pintar" dan bisa mengenali pemiliknya (orang yang memberi makan). Mereka akan menyambut pemiliknya dan meminta untuk diberi makanan. Semua sifat-sifat ini menciptakan ikan cichlid menjadi salah satu ikan hias favorit.

Salah satu yang termasuk ke dalam kelompok cichlid/siklid Amerika ini ialah ikan hias Angel Fish. Ikan hias Angel Fish atau juga dikenal dengan nama Manfish ini memang elegan. Gerakannya yang tenang dan siripnya yang panjang menciptakan banyak orang tertarik untuk mengkoleksinya. Walaupun demikian ikan ini bersifat semi bergairah dan akan bertambah bergairah seiring bertambahnya usia. Alaminya merupakan ikan carnivore alias pemakan ikan. Di akuarium ikan ini bisa mencapai ukuran sekitar 15 cm tetapi di alam liar ikan ini bahkan bisa mencapai ukuran 25cm

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Manfish (pic by Jeff Kubina, Creative Commons)

Satu lagi ikan manis yang termasuk ke dalam kelompok ikan cichlid dari Amerika yaitu ikan Discus. Ikan berbadan pipih ini yaitu salah satu ikan hias air tawar yang banyak diminati alasannya yaitu warna dan coraknya yang indah. Banyak varietas atau jenis dari ikan diskus dengan banyak sekali macan corak dan warna. Ikan carnivora ini termasuk ikan yang agak rewel dan rentan terhadap perubahan kondisi air. Kaprikornus untuk memelihara ikan ini memerlukan perhatian lebih. Untuk mendapatkan ikan ini anda harus siap siap merogoh kocek cukup dalam.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Diskus
Read More : Jenis-Jenis Ikan Hias Discus

Masih dari benua Amerika - Ikan hias Peacock Bass atau Pbass merupakan salah satu ikan terbesar dalam family cichlidae. Peacok Bass ini merupakan American Cichlid . Ada banyak jenis jenis Peacok Bass ini, yang paling umum ditemui ialah Monoculus, Occelaris dan Orinoco. Walaupun ikan Pbass tampilannya terlihat garang ini namun warna hijau keemasannya yang manis banyak menciptakan penggemar ikan jatuh cinta pada ikan buas ini.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Peacok Bass-Cichla Monoculus
Read More : Jenis-Jenis Ikan Peacock Bass

Ikan yang lainnya yang cukup terkenal dari Jenis Ikan Hias- Amerikan siklid ini ialah :

Ikan Golsom / Goldsaum / Green Terror (Aequidens sp.), Ikan Red Devil Cichlid (Amphilophus Labiatus), Ikan Midas Cichlid (Amphilophus Citrinellus), Ikan Zebra Cichlid / Convict Cichlid (Archocentrus nigrofasciatus), Ikan Oscar (Astronotus ocellatus), Ikan Severum, Ikan Jaguar Cichlid(Nandopsis managuense), Ikan Jack Dempsey Cichlid (Rocio octofasciatus) , Ikan Ram Cichlid

Sedangkan dari Cichlid dari benua Afrika ini dikenal mempunyai ikan-ikan yang kaya dengan warna. Selain itu jenis-jenis cichlid afrika sangat bermacam-macam ada sekitar 1300 spesies dari cichlid Afrika. Danau Malawi mempunyai sekitar 800 jenis spesies . Danau Tangayika mempunyai sekitar 250 spesies.

Siklid / cichlid dari danau Malawi afrika terbagi menjadi

  • Mbuna
  • Blue Hap Cichlid
  • Peacock Cichlids
Read More : Jenis-jenis Ikan Hias Cichlid dari Afrika

Jenis siklid Mbuna ini endemik di Danau Malawi, yang berarti mereka hanya ditemukan di danau Malawi. Ada 12 genera dari jenis cichlid yang sangat aktif dan bergairah ini.

Yang termasuk jenis mbuna yang terkenal ialah :
Auratus / Niasa(Melanochromis auratus), Venustus - Nimbochromis venustus, Johannii / Electric Blue Johannii (Melanochromis johannii), Electric Yellow Cichlid (Labidochromis caeruleus), Blue moorii (Cyrtocara moorii), Demansoni Cichlid (Pseudotropheus demasoni), Dogtooth Cichlid (Cynotilapia afra), Maingano (Melanochromis cyaneorhabdos), Trewavas Red-Finned Cichlid (Labeotropheus trewavasae), Pseudotropheus Ice Blue (Maylandia greshakei), Powder Blue Cichlid (Pseudotropheus socolofi), Pseudotropheus Barlowi (Pseudotropheus barlowi), Kenyi Cichlid (Pseudotropheus lombardoi), Red Zebra (Pseudotropheus estherae), Bumblebee Mouthbrooder Pseudotropheus crabro, Blue Daktari Pseudotropheus sp., Red Zebra Pseudotropheus estherae, Tropheops Red Cheek Pseudotropheus tropheops tropheops, Electric Blue Hap (Sciaenochromis-fryeri)

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Demansoni Cichlid - salah satu ikan jenis Mbuna dari danau Malawi Afrika
Read More : Ikan Cichlid Afrika Cantik Tapi Murah

Kelompok Haplochromis yaitu istilah yang dipakai untuk merujuk kepada cichlids dari danau Malawi yang berenang bebas, kelompok ini juga sering di sebut "hap" dalam industri akuarium.

Peacock ciclid - Kelompok ini mempunyai sekitar 28 spesies dan banyak subspesies yang berwarna cerah dengan warna biru, merah dan kuning. Jenis Peacock Cichlid ini mempunyai temperamen tenang dan mereka sebaiknya tidak ditempatkan dengan cichlid Mbuna lain yang terlalu aktif dan agresif.

Jenis jenis spesies dari kelompok Peacock ciclid dari Danau Malawi di antaranya

African Butterfly Peacock (Aulonocara jacobfreibergi), Aulonocara Blue Gold (Aulonocara korneliae), Aulonocara Fort Maguire (Aulonocara hansbaenschi), Flavescent Peacock (Aulonocara stuartgranti), Flavescent Peacock / Grants Peacock Cichlid, Maulana Bicolor Peacock Aulonocara stuartgranti, Nkhomo Benga Peacock Aulonocara baenschi, Rubin Red Peacock (aulonocara stuartgranti /aulonara rubescens)

Untuk danau Tangayika ada hampir 250 spesies berbeda, dan lebih dari 150 jenis ikan non cichlid. Danau ini juga mempunyai rekor untuk ukuran ikan cichlid yang terbesar yaitu Emperor / Giant Cichlid (microlepis Boulengerochromis) mempunyai ukuran 90 cm dan cichlid yang terkecil yaitu Ocellated Shell-dweller (Lamprologus kungweensis) hanya berukuran 3,5 cm.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Empire Cichlid (Microlepis Boulengerochromis) cichlid Afrika terbesar dari danau Tangayika
Jenis ikan hias cichlid yang terkenal dari Danau Tangayika ini antara lain : Lemon cichlids (Neolamprologus leleupi), Fairy cichlids (Neolamprologus pulcher), Blue-Eyed Tropheus (Tropheus brichardi), Blunthead (Cichlid Tropheus moorii), Poll's Tropheus (Tropheus polli), White Spotted Cichlid (Tropheus duboisi), Ikan Frontosa (Cyphotilapia frontosa) , Julidochromis dickfeldi, Julidochromis marksmithi, Julidochromis marlieri, (Golden julie) Julidochromis ornatus, (Convict julie) Julidochromis regani, (Masked julie) Julidochromis transcriptus.
 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Jenis Frontosa dari Danau Malawi Afrika
Read More : Jenis-Jenis Ikan Frontosa

Dari afrika barat ada ikan hias jenis cichlid yang cukup terkenal yaitu ikan 99 atau ninenty nine

Jenis ikan hias ninenty nine
Ikan Ninenty Nine alias Zebra Tilapia

Ikan lainnya yang termasuk siklid walaupun sudah dikawinsilangkan yaitu ikan Louhan atau Flowerhorn ini merupakan Salah satu jenis ikan ikan hias yang paling diminati oleh para penggemar ikan hias. Terdapat banyak sekali jenis ikan Louhan hasil dari banyak sekali perkawinan silang. Tetapi secara garis besar jenis ikan louhan sanggup di bagi ke dalam beberapa kategori besar yaitu Louhan Cencu/ Zhen Zhu(ZZ),Louhan Kamfa alias Cinghwa, Louhan Golden Base /GB alias Fader dan Louhan Kamalau /Golden Monkey

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Louhan

4. Cyprinids


Yang termasuk kedalam kelompok ikan ini yaitu ikan jenis Barbs, Danios, Rasboras, Sharks dan alga eterCyprinid lainnya misal (Lemon Alga Eater)

    Jenis Ikan Hias-Barb

    Jenis ikan hias ini bahagia hidup secara berkelompok dengan sesamanya.Walaupun jenis ikan hias ini tidak setoleran ikan jenis tetra yang sangat bahagia berkelompok bahkan dalam kelompok besar, ikan jenis barbs juga bahagia kalau ditemani kawan-kawan sejenisnya. Untuk menampung ikan jenis barbs ini ukuran akuarium yang kecil sampai sedang dirasa akan cukup dengan pembatasan jumlah ikan.

    Beberapa jenis Ikan Barb yang cukup terkenal antara lain :

    • Tiger Barb (Systomus tetrazona ) alias Ikan Sumatra
       yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
    • Rosy Barb (Pethia conchonius)
       yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
    • Melon Barb (Haludaria fasciata)
      Jenis Ikan Hias-Rasbora

      Jenis ikan hias rasbora juga akan sangat cocok untuk para penikmat ikan hias yang bahagia ikannya berkeliling secara berkelompok.

      Beberapa jenis ikan hias jenis rasbora yang cukup terkenal yaitu :

      Harlequin rasbora (Trigonostigma heteromorpha), Rummy Nose Rasbora (Sawbwa resplendens), Neon Green Rasbora (Microrasbora kubotai), Zebra Rasbora (Danio erythromicron), Brilian Rasbora (Rasbora einthovenii), Mosquito rasbora (Boraras urophthalmoides)
      Read More : Jenis Ikan Hias Rasbora

Ikan hias lainnya yang cukup terkenal menyerupai ikan bala shark.


5. Freshwater Eels


Yang termasuk ke dalam kelompok ikan air tawar ini yaitu Spiny Eels, Electric Eel, Fire Eel, American Eel, Spaghetti Eels, dan lainnya.

6. Goldfish Types


 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Yang termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar goldfish type / golongan ikan mas diantaranya Fancy Goldfish alias ikan mas koki, Fantail Goldfish, Commet Goldfish, Black Moor, Bubble Eye, Oranda, Shubunkin, Ryukin, Lionhead dan banyak lagi.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Ikan koi juga termasuk ke dalam kelompok jenis ikan hias ini. Dan ikan Koi ini walaupun lebih cocok ditempatkan di bak tetapi bisa juga dipelihara di akuarium.

Read more : Jenis ikan koki

7. Hillstream Loaches


Ikan air tawar jenis River Loaches ini mempunyai kemampuan untuk menaiki kerikil di perairan berarus deras. Ikan dalam Family Balitoridae merupakan favorit termasuk Batik, Chinese Loach, Rainbow Loach, Zipper Loach, dan lainnya.

8. Killifish

Yang termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar killifish yaitu Lampeye, Medaka, dan Panchax. Selain itu Pupfish dan Topminnow fish

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Spotfin Killifish

9. Knifefish


 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Ikan hias yang mempunyai tubuh pipih ini termasuk ikan predator . Disebut juga knife fish alasannya yaitu bentuknya yang sekilas menyerupai pisau. Ikan berbadan gelap ini termasuk ikan carnivora dan nocturnal/aktif di malam hari. Yang cukup terkenal dari jenis ini ialah ikan balida bangkok/Clown Knifefish, ikan black ghost, Elegant Knifefish, Black Ghost Knifefish, Aba, Centipede, Featherfin dan banyak lagi.

10. Labyrinth Fish


Ikan Labyrinth/labirin merupakan kelompok ikan yang mempunyai organ khusus, yang dikenal sebagai labirin. Organ inilah yang memungkinkan ikan untuk menghirup udara dari permukaan air. Kenapa ikan membutuhkan organ untuk menghirup udara? Jawabannya ada pada habitat ikan ini berada. Beberapa ikan jenis labirin ini hidup di perairan rendah kadar oksigennya. Pada kondisi menyerupai ini, mempunyai organ labirin menjadi penentu hidup dan mati ikan.

Yang termasuk kedalam jenis ikan hias air tawar labrynth ini yaitu ikan Hias-Cupang / Betta,ikan hias gurami, Anabantoids juga Paradise Fish, Giant Gourami dan banyak lagi.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Jenis Cupang
Read More : Jenis- Jenis Ikan Cupang / Betta Alam, Hias dan Aduan

11. Livebearer Aquarium

Jenis ikan hias air tawar Livebearer dalam istilah ilmiahnya yaitu ikan ovovivipar ialah kelompok ikan yang melahirkan pribadi anaknya. Ikan jenis livebearer ini bertelur dan dibuahi secara internal. Beberapa ikan mempunyai warna yang sangat indah.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Jenis Guppy
Di antaranya ialah ikan Guppy yang masih satu family dengan ikan cere. Ikan guppy mempunyai ekor yang berjumbai indah. Banyak varian warna dari jenis ikan hias guppy ini.
Kelompok ikan hias yang termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar Livebearer yaitu ikan Molly, ikan Guppy, ikan Swordfish , Platy dan four-eyed Fish (Anableps).

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Jenis Molly

Ikan Molly warna warni ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling terkenal alasannya yaitu relatif gampang dipelihara dan dikembangbiakan.

Read More : Jenis-Jenis Ikan Hias Molly
 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Jenis ikan hias Platy

Jenis ikan hias Platy merupakan salah satu jenis ikan hias yang dikenal relatif gampang dipelihara. Warnanya yang merah dengan variasi hitam dan dibandrol dengan harga relatif murah membuatnya menjadi jenis ikan hias yang populer. Ikan Platy ini aslinya berasal dari Amerika Tengah dan pecahan selatan Meksiko.

Read More : Jenis-Jenis Ikan Hias Platy
 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Ikan hias Swordtail memiki kemiripan dengan ikan jenis molly akan tetapi mempunyai ekor yang panjang dan menyerupai pedang.


12. Loaches


 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Walaupun jenis ikan hias ini berkumis namun jenis ikan ini tidak dikelompokan dengan ikan jenis lele atau catfish. Salah satu yang menjadi ikan hias favorit dari kategori ini ialah Clown Loach (botia macracantha) yang berasal dari Indonesia. Ikan botia ini merupakan ikan yang lincah yang suka berada di dasar akuarium. Ikan yang terkenal yaitu Clown Loach, Kuhli Loach, Weather Loach atau Dojo dan banyak lagi.

13. Perches


 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuariumikan Datnoids,Chinese Perch, ikan Sunfish, ikan Cardinal dan banyak lagi

14. Puffer Fish

Ikan buntal atau ikan hias puffer yang mempunyai bentuk unik ini punya warna dan corak yang sangat menarik untuk menjadi peliharaan kita. Ikan hias terkenal dari jenis ikan hias puffer fish ini yaitu Green Spotted Puffer Fish, Golden Puffer, Fahaka Puffer, Amazon Puffer dan banyak lagi.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Hias Jenis Pufferfish / Buntal

15. Rainbow Fish


jenis ikan hias

Ikan jenis rainbow ini dikenal mempunyai warna yang sangat indah.

16. Unusual Fish


BICHIR /IKAN PALMAS

Ikan jenis ini termasuk ke dalam golongan ikan predator . Salah satu jenis ikan hias yang cocok bagi para penggemar ikan buas air tawar.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
ikan Bichir

SNAKEHEAD /IKAN GABUS

Ikan Snake Head atau kita kenal dengan nama ikan gabus ini yang termasuk ikan predator yang paling agresif. Beberapa jenis ikan hias predator ini hanya berukuran maksimal 20 cm saja namun ada juga yang berukuran lebih dari 1 meter. Ikan yang mempunyai bentuk kepala menyerupai ular ini merupakan salah satu ikan predator yang cukup populer. Yang paling di kenal salah satunya ialah gabus toman.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Snake Head

ARWANA Ikan arwana ini di percaya oleh sebagian orang membawa hoki bagi pemiliknya. Walaupun mempunyai gerakan anggun namun jenis ikan hias ini merupakan ikan predator yang hebat.

Ikan arwana ini di percaya oleh sebagian orang membawa hoki bagi pemiliknya. Walaupun mempunyai gerakan anggun namun jenis ikan hias ini merupakan ikan predator yang hebat.

 yang sanggup kita jadikan sebagai pilihan pengisi akuarium kita Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium
Ikan Arwana
Kelompok ikan ini mempunyai keunikan atau keanehan. Arowana , Butterflyfish , Tonguefish, Lionfish dan lainnya merupakan ikan yang unik .

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar