Jenis Ikan Koki Menurut Bentuk, Warna, Bentuk Ekor

Ikan koki yaitu salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling terkenal di kalangan pecinta ikan hias. Ikan koki ini mempunyai tubuh gendut dengan gerakannya yang lucu menciptakan orang gemas. Ikan koki mempunyai banyak varian / jenis dengan banyak sekali macam warna dan bentuk. Mulai dari warna metalik, merah, putih, hitam dll. Yang cukup terkenal diantaranya Jenis Ikan koki Black Moor, ikan koki Oranda, ikan koki Lionhead, ikan koki mutiara, ikan koki teleskop dan banyak lagi.

 yang paling terkenal di kalangan pecinta ikan hias Jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk, Warna, Bentuk Ekor

Adapun jenis-jenis ikan koki yaitu

Rentang hidup rata-rata ikan mas umum yaitu lebih dari 20 tahun. Sebagian besar ikan jenis koki yang umum tersedia di pasaran juga relatif gampang perawatannya. Beberapa yang cukup nakal dan gampang dipelihara ialah jenis ikan koki komet. Atau ikan koki fantail dan Shubunkin juga merupakan pilihan yang baik. Ikan koki jenis lainnya yang cukup nakal dan gampang dipelihara ialah Ikan Koki Black Moor dan Ikan Koki Ryukin

Sementara untuk Ikan Koki Oranda, Ikan Koki Bubble-eye , Ikan Koki Celestial atau Ikan Koki Lionhead lebih rentan terhadap penyakit dan memerlukan perhatian lebih bila hendak dipelihara. Misal saja Ikan Koki Oranda sensitif terhadap suhu yang cuek sehingga tidak sanggup ditempatkan di luar ruangan tanpa heater

Orang sering memelihara ikan koki dalam akuarium toples kecil tanpa heater atau filter. Tapi untuk memelihara ikan koki dalam jangka panjang, lantaran ikan koki akan tumbuh besar dan memerlukan ruang gerak yang cukup. Makara sebaiknya ikan koki harus ditempatkan di akuarium dengan dilengkapi filter terutama filter biologis. Hal ini supaya ikan koki tetap sehat dan lincah.

Jenis Ikan Koki Bersirip Ekor tunggal

Seperti nenek moyang ikan koki yaitu ikan mas, ada beberapa jenis ikan koki yang mempunyai sirip ekor tunggal

Ikan Koki bersirip ekor tunggal berbadan panjang

Ikan koki jenis ini selain mempunyai ekor tunggal juga berbadan panjang diantaranya yaitu :

1. Ikan Koki Komet

Ikan koki Comet diduga sudah ada semenjak tahun 1800-an, ada banyak variasi warna tetapi yang paling terkenal yaitu komet berwarna oranye lantaran warnanya terlihat bagus di kolam. Kombinasi warna pada jenis ikan koki ini yaitu merah dan putih, hitam dan oranye, kuning, merah, hitam dan lainnya.

 yang paling terkenal di kalangan pecinta ikan hias Jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk, Warna, Bentuk Ekor
Ikan Koki Komet Photo: Matt Elsberry CC

Ikan koki Comet atau sering disebut ikan komet merupakan jenis ikan koki yang lebih mirip ikan mas biasa hanya saja mempunyai ekor yang panjang. Ikan ini termasuk ikan koki yang bandel. Selain itu gerakannya pun sangat lincah bila dibandingkan jenis ikan koki yang lainnya. Harga ikan komet ini dipasaran termasuk murah yaitu antara 2000 - 5000 untuk ikan yang berukuran kecil. Tidak mirip ikan mas biasa yang sanggup mencapai ukuran lebih dari 50 cm ikan komet ini hanya mempunyai panjang maksimal 20-25cm saja.

Ikan Hias Koki Comet dan jenisnya

  • Ikan Koki Sarasa Comet
  • Ikan Koki Red Comet
  • Ikan Koki Golden Comet

2. Ikan Koki Shubunkin

Ikan mas shubunkin mempunyai dua varian (shubunkin dan Bristol shubunkin London). Ikan Koki Shubunkin selintas mirip mirip ikan mas biasa atau komet tapi adonan warna tubuhnya lebih ramai.

Ikan Koki Shubunkin

Jenis Ikan Koki Shubunkin London dan Bristol dikenal lebih bandel. Ini menjadikannya Ikan Koki Shubunkin ideal baik untuk bak outdoor ataupun akuarium . Jika Anda menentukan untuk mengisi akuarium atau bak Anda dengan shubunkins, hindari mencampurnya dengan ikan koki mata gelembung yang bergerak lambat atau Ikan koki Celestia. Shubunkins yang bergerak lebih cepat akan menghabiskan masakan bagi yang lainnya dan sanggup mengakibatkan mereka kelaparan.

Ikan mas koki shubunkin yaitu jenis ikan koki yang mempunyai tubuh mirip ikan koki komet. Namun, hal yang membedakan ikan ini yaitu ikan koki shubunkin ini mempunyai warna yang beragam.

Ikan Koki bersirip ekor tunggal berbadan pendek /bulat

1. Nymphs Goldfish

Mirip sekali dengan ikan koki biasa hanya saja hanya mempunyai ekor tunggal

Jenis Ikan Koki Bersirip Ekor Ganda

Jenis inilah yang paling populer. Jenis ikan mas koki bersirip ekor gnda ini mempunyai banyak variasi bentuk dan warna diantaranya

Jenis ikan koki bersirip ekor ganda dengan bentuk tubuh ramping/streamline

1. Ikan Koki Wakin

Ikan mas wakin yaitu jenis terkenal di Jepang. Ikan koki ini dianggap sebagai ikan yang paling umum Asia Timur. Ikan mas Wakin ibarat ikan mas komet dengan tubuh memanjang namun mempunyai sirip ekor ekor ganda mirip Ikan Koki Fantail, hanya lebih pendek. Hanya Ikan Koki wakin dan jikin yang mempunyai tubuh memanjang dan mempunyai sirip bawah serta sirip ekor ganda.

Ikan mas koki wakin merupakan jenis ikan yang sangat mirip dengan nenek moyang ikan koki. Warna utama yang dimiliki oleh ikan koki ini yaitu warna merah putih, orang putih, orange, dan putih. Yang termasuk ikan koki wakin diantaranya ikan Koki Hoe Kim Goldfish

2. Ikan Koki Jikin

Ikan mas koki jikin merupakan jenis ikan koki yang langka. Ikan jenis ini mempunyai keunikan di ekornya yaitu berbentuk diagonal atau hurf “X”.

Ikan Koki jikin atau Ikan Koki Butterfly Tail mempunyai tubuh memanjang dan mempunyai sirip bawah serta sirip ekor ganda.

3. Ikan Koki Watonai

Ikan mas koki watanoi mirip dengan ikan koki wakin tetapi mempunyai ekor lebih lebar. Koki watonai merupakan jenis ikan koki yang mempunyai ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis ikan koki yang lainnya. Namun, jenis ikan ini masih belum terlalu terkenal di kalangan para pecinta ikan hias.

Jenis ikan koki bersirip ekor ganda dengan bentuk tubuh bulat/pendek

Ikan koki jenis ini merupakan yang paling banyak terdapat dipasaran dengan banyak sekali variasi bentuk dan warna. secara garis besar jenis ini dibagi ke dalam 2 jenis yaitu : Jenis ikan koki mempunyai sirip punggung (Dorsal Fin) dengan banyak sekali variasi

1. Ikan Koki Fantail

Ikan mas koki fantail merupakan jenis ikan hias koki yang paling digemari di Jepang. Ikan ini mempunyai satu sirip atas yang tegak dan empat strip bawah.

Ikan Hias Koki Koki Fantail dan jenisnya

  • Ikan Koki Red Cap Fantail
  • Ikan Koki White Fantail
  • Ikan Koki Red Fantail
  • Ikan Koki Red & White Fantail
  • Ikan Koki Black & Red Fantail
  • Ikan Koki Calico Fantail

2. Ikan Koki Japanese Ryukin

Ikan koki ryukin ini berasal dari Kepulauan Ryukyu di Jepang. Ikan koki yang sering disebut juga Ikan Koki Tosca ini merupakan salah satu jenis ikan koki yang populer. Ikan mas koki ryukin yaitu jenis ikan mas koki yang mempunyai sirip yang sangat besar. Bahkan, ukuran siripnya dua kali lipat dari ukuran badannya.

Pada umumnya, ikan ini berwarna merah. Namun, masih ada beberapa variasi warna yang tidak kalah anggun dengan warna merah. Kombinasi warnanya, termasuk: warna solid (warna tunggal) dan beberapa warna berwarna merah tua, merah dan putih, biru, putih, calico dan banyak lagi.

 yang paling terkenal di kalangan pecinta ikan hias Jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk, Warna, Bentuk Ekor

Jenis Ikan Koki Ryukin ini termasuk ikan yang bandel, dan sanggup ditempatkan di bak ikan mas di luar rumah atau dimasukkan ke dalam akuarium ikan mas dengan ikan mas lain tanpa perlu perawatan ekstra. Pasangan tangki yang baik termasuk oranda, lionhead, atau Ranchu Goldfish. Berhati hatilah apabila menyatukan dengan Ikan Koki Mata Gelembung dan Ikan Koki teleskop, lantaran mereka akan diganggu oleh Ikan Koki Ryukin ini.

Jenis ikan koki ryukin mempunyai beberapa variasi diantaranya :

  • Ikan Koki Red Ryukin
  • Ikan Koki Red & White Ryukin
  • Ikan Koki Matted Ryukin
  • Ikan Koki Calico Ryukin

3. Ikan Koki Mutiara

Ikan koki mutiara atau disebut juga chinsurin atau ikan koki pearlscale termasuk dalam jenis ikan koki yang cukup unik. Karena sisik ikan ini timbul dan warnanya mirip warna mutiara.

Ikan koki mutiara Photo : Goldfische-Aquarium CC

4. Ikan Mas Koki Telescope Eye

Ikan mas koki telescop eye atau demekin merupakan jenis ikan koki yang mempunyai mata yang melotot mirip teleskop. Bentuk mata ini belum sanggup terlihat pada anakan ikan yang berumur sekitar tiga bulan.

5. Ikan Koki Black Moor

Ikan mas koki black moor yaitu jenis ikan koki yang mempunyai warna hitam dengan pemanis sedikit warna kuning keemasan. Selain itu, ikan ini juga mempunyai mata yang besar dan melotot.

Sebagian orang beropini bahwa ikan koki Black Moor ini termasuk ke dalam jenis ikan koki teleskop hanya perbedaan warna, walaupun sebagian lainnya beropini bahwa koki blackmoor merupakan jenis yang berbeda

 yang paling terkenal di kalangan pecinta ikan hias Jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk, Warna, Bentuk Ekor
Ikan koki blackmoor Photo : Matthijs Dubbeldam CC

6. Ikan Koki Panda Moor

Ikan mas koki panda moor mempunyai bentuk tubuh dan sirip yang sangat mirip dengan jenis ikan koki black moor. Yang membedakan yaitu warna yang dimiliki ikan koki panda moor berwarna hitam dan putih. Perpaduan kedua warna tersebut terlihat mirip warna binatang panda.

Ikan Koki Veiltail

Ikan mas Veiltail yaitu salah satu varietas ikan mas yang paling cantik, tapi agak langka. Ikan koki jenis Veiltail itu rentan, sulit berkembang biak. Alih-alih tubuh Long Goldfish atau Shubunkins yang panjang dan ramping, Goldfish Veiltail mempunyai tubuh yang lebih lingkaran atau berbentuk telur. Ikan mas glamor ini sanggup mempunyai tiga jenis warna dan yaitu warna merah atau oranye, corak, atau calico.

7. Ikan Koki Tosakin

Ikan mas koki tosakin atau di sebut juga ikan mas koki ekor rumbai termasuk ikan koki yang banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Hal ini disebabkan ikan ini mempunyai ekor yang rumbai. Hal ini mengakibatkan ikan ini terlihat sangat cantik.

8. Ikan Koki Oranda

Ikan koki oranda ini merupakan salah satu jenis ikan koki yang paling banyak di jual dipasaran. Ikan koki oranda atau ikan koki spenser ini mempunyai ciri khas yaitu mempunyai benjolan atau jambul di kepalanya. Ikan koki oranda mempunyai banyak varian warna atau jenis diantaranya yaitu Red Cap Oranda, Red Oranda, Red & White Oranda, Pearl Scale Oranda, Calico Oranda, Red & Black Oranda, Chocolate oranda, Blue Oranda dan Black Oranda.

 yang paling terkenal di kalangan pecinta ikan hias Jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk, Warna, Bentuk Ekor
Ikan koki oranda Photo : Naz Amir CC

Jenis Ikan Koki Tanpa Fintail/ Sirip punggung

1. Ikan Koki Rancu

Ikan mas koki ranchu merupakan jenis ikan koki yang tidak mempunyai sirip. Jenis ikan koki ini mempunyai banyak variasi warna. Namun, warna yang paling dicari oleh para pecinta ikan hias yaitu warna kuning sedikit pucat dengan warna kepala merah.

 yang paling terkenal di kalangan pecinta ikan hias Jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk, Warna, Bentuk Ekor
Ikan koki ranchu Photo : Hector Cabrera CC

Untuk jenis ikan koki ranchu ini terbagi lagi menjadi

  • Ikan Koki Red Ranchu
  • Ikan Koki Calico Ranchu
  • Ikan Koki Red & white Ranchu
  • Ikan Koki Black Ranchu
  • Ikan Koki Red Cap Ranchu

2. Ikan Koki Lionhead

Ikan mas koki lionhead merupakan jenis ikan hias yang yang sangat terkenal di Jepang. Jenis ikan ini mempunyai benjolan di seluruh kepalanya mirip rambut singa.

Ikan koki lionhead Photo : This Year's Love CC

3. Ikan Koki Hanafusa

Ikan mas koki hanfusa yaitu jenis ikan koki yang mempunyai struktur tubuh dan kepala mirip lionhead. Namun, terdapat sedikit perbedaan di penggalan kepalanya yaitu terdapat daging yang tumbuh di atas kepalanya. Jadi, itu bukanlah benjolan, tetapi mirip daging yang tumbuh.

4. Ikan Mas Koki Choten Gan /Celestial Eye

Ikan mas koki choten Gan yaitu jenis ikan koki yang berasal dari Cina dan Korea. Jenis ikan ini sangat gila lantaran matanya mengarah ke atas.

 yang paling terkenal di kalangan pecinta ikan hias Jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk, Warna, Bentuk Ekor
Ikan koki celestial eye Photo :Jellybeanz CC
  • Ikan Koki Sky Gazing Eye

5. Ikan Koki Bubble Eye

Ikan mas koki bubble eye atau mata gelembung yaitu jenis ikan koki yang paling unik. Karena posisi mata pada ikan ini tertutup gelembung. Gelembung tersebut sanggup pecah bila kita tidak merawat dengan baik.

Ikan koki bubble eye Photo : Jonathan Leung CC

Ikan Hias Koki Bubble Eye dan jenisnya

  • Ikan Koki Red White Bubble Eye
  • Ikan Koki Calico Bubble Eye
  • Ikan Koki Red Bubble Eye
  • Ikan Koki Blue Bubble Eye
  • Ikan Koki Black & White Bubble Eye
Variasi warna pada Ikan Koki

Calico - calico yaitu jenis ikan koki yang mempunyai bercak-bercak hitam kecil tidak beraturan di seluruh tubuhnya.

Variasi bentuk sirip ekor pada Ikan Koki

Butterfly Tail - ikan ini ekornya yang ibarat bentuk kupu-kupu. Saat ikan sedang beristirahat, ekornya akan mengipas ke bentuk kupu-kupu. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang menarik dilihat, apalagi apabila dilihat dari atas untuk mendapat efek penuh dari ekor yang indah.

Variasi warnanya antara lain

Jenis Koki Lainnya

Ikan Koki Sakura

Ikan mas koki sakura merupakan jenis ikan yang mempunyai warna merah dan putih. Jenis ikan ini termasuk dalam ikan koki yang mewah.

Jenis Ikan Koki Menurut Bentuk, Warna, Bentuk Ekor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar