Pelihara Ikan Cupang Hias Tanpa Ganti Air

Ikan cupang hias atau betta splendens adalah salah satu ikan hias yang cukup mendunia selain ikan guppy. Ketenarannya telah membuat banyak komunitas pecinta ikan ini marak menyelenggarakan kontes ikan cupang hias. Pemeliharaan ikan cupang cukup mudah dan tidak repot. Kita dapat memelihara ikan ini dalam toples atau malah botol bekas selai roti. Yang terpenting adalah pemeliharaan air untuk habitat ikan ini. Cukup dengan mengganti sebagian air dalam wadah pemeliharaan setiap 3 hari sekali cukup untuk menjaga ikan ini tetap sehat. Tentunya air yang digunakan haruslah air yang sudah diendapkan dan diaerasi sebelumnya. Memelihara ikan ini bukanlah hal yang merepotkan bila hanya beberapa ekor saja. Tapi kalau sudah sampe berpuluh-puluh ratusan tentunya sangat merepotkan. Waktu kita akan sangat terbuang hanya untuk mengganti air saja.
Nah, kali ini saya coba berbagi pengalaman soal merawat ikan cupang tanpa mengganti air. Kuncinya adalah kelengkapan substrate dan tanaman air. Dan yang tidak kalah penting adalah cahaya matahari atau lampu untuk proses fotosintesis tanaman. Wadah pemeliharaan yang sudah saya coba adalah aquarium soliter ukuran 10cmx10cm dengan tinggi 15cm. Dan alhasil sudah 2 bulan ini saya tidak pernah mengganti air, hanya menambahkan air karena penguapan. Ini penampakannya!

Cara ini buat saya cukup efektif untuk menjaga kualitas air. Yang penting jangan terlalu banyak dalam pemberian pakan. Dengan cara ini penampakan wadah pemeliharaan juga lebih asri dan dapat bikin hati adem. Sekian bagi-bagi eksperimennya. Kalau teman-teman juga ingin berbagi pengalaman silahkan komen aja ya....

Pelihara Ikan Cupang Hias Tanpa Ganti Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar