Pengenalan Ikan Guppy

SEJARAH DAN PENGENALAN IKAN GUPPY

Guppy adalah salah satu ikan hias tropis yang paling terkenal dengan berbagai variasi warna dan ekor lebar yang memukau, membuat ikan ini menjadi ikan sayaarium paling populer di seluruh dunia. Ikan ini dapat ditemukan di banyak tempat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Ini memiliki banyak nama di seluruh tempat seperti gupi, seribu ikan, cere ikan, suwadakar, GEPI, bengkreung, cethul, klataw, dll.

Guppy adalah  yang damai, banyak aquarist yang menggabungkan ikan ini dengan ikan lain dalam sayaarium. Jenis dan strain guppy tak terhitung jumlahnya, banyak peternak mencoba untuk membuat strain baru. Begitu mereka telah menemukan strain baru, peternak lain akan lebih tertantang untuk membuat lebih banyak strain baru. Ini yang membuat strain guppy banyak berkembang seperti sekarang ini sesampai ada istilah jenis baru dan jenis lama.

                               sumber: http://www.livetropicalfish.net

Penemuan dan Penyebaran Ikan Guppy

Penemu ikan  guppy berdasarkan artikel di www.guppies.com adalah Robert John Lechmere Guppy (lahir 15 Agustus 1836 di London; meninggal 5 Agustus 1916 di San Fernando, Trinidad dan Tobago), ia menemukan ikan kecil ini di Trinidad pada tahun 1866.

Guppy (Poecilia reticulata) adalah ikan asli sungai dan sungai di Trinidad, Tobago dan sekitarnya yang berdekatan dengan Amerika Selatan. Ikan ini telah diperkenalkan di seluruh dunia, terutama untuk pengendalian nyamuk di negara-negara tropis. Guppy hadir sebagai ikan sayaarium di Indonesia pada 1920, tapi lalu dilepaskan ke dalam kawasan air bebas. Agaknya ikan ini awalnya diharapkan untuk memberantas larva nyamuk (penyebab malaria) akan tetapi hal itu gagal.  Guppy di sayaarium dapat mencapai panjang 60 mm, tetapi di alam kebanyakan hanya dapat tumbuh sekitar 35 mm saja, dan itu terlalu kecil untuk memangsa larva nyamuk. Karena kesuburan yang luar biasa sesampai guppy cepat bereproduksi dan mengeksplorasi seluruh kawasan.

Klasifikasi Ikan Guppy

Kingdom         : Animalia
Phylum            : Chordata
Subphylum      : Craniata
Class                : Osteichthyes
Subclass          : Actinopterygii
Order               : Cyprinodontoidai
Suborder         : Poecillidae
Family             : Poeciliidae
Genus              : Poecilia / Lebistes
Species            : Poecilia reticulata


Deskripsi Ikan Guppy

Guppy adalah adalah ikan genus Poecilidae. Guppy termasuk ikan sexual dimorphism, dengan kata lain jantan dan betina mudah untuk dibedakan dari ukuran, bentuk dan warna tubuhnya hanya dengan melihatnya saja. Guppy jantan memiliki warna yang cantik dan sangat menarik, sedangkan betina lebih cenderung tidak secantik jantan. Panjang total tubuh betina antara 4-6 cm sedangkan jantan lebih kecil, sekitar 2,5-3,5 cm. Guppy hidup di air tawar tetapi ada beberapa jenis guppy yang ditemukan hidup di air payau. Mereka dapat beradaptasi dengan hampir semua kondisi air dengan parameter air (sedikit keras dan air basa) yang ideal dan membuat guppy mudah untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya.
Makanan utama guppy di habitat liar adalah plankton dan makanan organik.

Guppy adalah ikan yang sangat subur. Masa kehamilan ikan ini berkisar antara 21-30 hari, tergantung pada suhu air. Suhu yang paling cocok untuk pembibitan adalah sekitar 27 ° C (72 ° F). Alih-alih bertelur, guppy adalah livebearers, berarti bahwa guppy melahirkan anaknya. Seekor guppy betina dapat melahirkan antara 2-100 anakan untuk setiap kelahiran, tapi sebagian besar antara 5-30 anakan saja. Beberapa jam lalu, guppy betina akan siap untuk dibuahi lagi.  

Anakan guppy akan mencapai kematangan kelamin dalam satu atau dua bulan. Itulah sebabnya ikan ini dapat segera menggsobatkan populasi mereka segera dan disebut millionfish.


Anatomi Ikan Guppy

         Jantan                                                Betina

   adalah salah satu ikan hias tropis yang paling terkenal dengan berbagai  PENGENALAN IKAN GUPPY                  adalah salah satu ikan hias tropis yang paling terkenal dengan berbagai  PENGENALAN IKAN GUPPY adalah salah satu ikan hias tropis yang paling terkenal dengan berbagai  PENGENALAN IKAN GUPPY  

                                                              sumber  http://aquariumlover.blogspot.in/






Pengenalan Ikan Guppy Rating: 4.5 Diposkan Oleh: daryl farahi

0 comments:

Posting Komentar